Monday, December 15, 2014

Rahasia Ampuh Menasehati Orang Lain


Manusia tidak lepas dari kesalahan, untuk itu kita sebagai manusia harus bisa memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik ke depan. Di lingkungan sekitar kita, dari keluarga, teman, dan masyarakat pasti ada menemui perilaku orang yang tidak pantas untuk dilakukan. Sebagai seseorang yang punya kasih sayang antar sesama. Kita pasti ingin orang tersebut berubah menjadi orang yang baik perilaku atau sifatnya.

Nasehat sangat perlu untuk kita terapkan dalam kehidupan, karena nasehat itu adalah tanda cinta kepada orang lain. Kita ingin orang itu mendapat kebaikan. Oleh karena itulah, nasehat sangat diperlukan dalam hal ini.

Kadang kita kebingungan dalam menasehati orang lain, baik cara ataupun waktu untuk melakukannya. Bagaimana cara yang baik untuk bisa menasehati orang lain dan agar orang yang kita nasehati mau mendengarkannya? Ada metode atau cara yang mudah jika kita ingin menasehati orang lain. Simak caranya berikut ini:

1. Ajaklah orang tersebut untuk berbincang santai dengan kita secara empat mata. Terlebih dahulu mulailah dengan topik yang ringan baru masuk ke dalam inti nasehat dalam beberapa kalimat pendek. Dengan tutur kata yang baik, lembut dan sopan, kemungkinan besar orang tersebut mau mendengarkan.

2. Berikanlah hadiah berupa buku yang berkaitan dengan apa yang ingin Anda nasehati. Misalkan kita menemui teman kita mempunyai sifat malas. Maka, berikanlah buku-buku motivasi sukses.

3. Tetap berusaha menunjukkan sikap dan perilaku baik kita kepada orang yang kita nasehati.

4. Kirimkan surat kaleng kepada orang yang ingin Anda nasehati. Dengan cara ini Anda bisa dengan jelas menyusun kalimat nasehat secara sistematis dan baik.

5. Jika Anda dan orang tersebut terhubung di sosial media misal di Facebook, coba share artikel bermanfaat di sebuah situs web ke beranda Facebook Anda. Ini merupakan cara halus menyajikan informasi berupa nasehat kepada teman-teman Anda di Facebook.

Semoga apa yang dijelaskan diatas, bisa menjadi inspirasi kita semua dalam upaya memberikan nasehat kepada orang lain agar berubah menjadi baik dan tidak melakukan kesalahan pada masa yang akan datang. Sehingga menciptakan kondisi masyarakat yang baik dan mempunyai karakter terpuji dan mulia.