5 Metode Tidur yang Bisa Membuat Anda Pintar


Banyak anggapan bahwa tidur bisa memberikan efek yang buruk bagi kinerja otak anda bila dilakukan dalam waktu yang sangat lama.

Namun, ada juga yang menilai bahwa tidur memiliki dampak yang sangat baik untuk kecerdasan anda.

Apalagi hasil dari penelitian para ahli mengungkapkan bahwa tidur bisa membuat anda terlihat sangat cerdas dan pintar melalui skema tertentu.

Berikut ini metode tidur yang bisa membuat anda pintar seperti dilansir dari ReaderDigest, seperti:

1. Bangun tidur tepat waktu
Ini adalah metode tidur yang bisa membuat anda pintar bila dilakukan secara teratur. Menurut beberapa penelitian anda harus memiliki pola tidur yang sehat dengan memperhitungkan waktu yang ideal.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa waktu tidur ideal yang harus anda miliki sekitar 7 jam. Sebaiknya hindari waktu tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 9 jam. Justru itu akan menghambat kinerja otak.

2. Mengkonsumsi makanan ringan
Penelitian dari University of California sangat disarankan anda untuk mengkonsumsi makanan ringan sebelum tidur. Cara seperti ini dianggap akan mempengaruhi seluruh kegiatan yang melibatkan protein sirkadian.

Aktifitas ini akan memaksimalkan kinerja dari memori yang dimiliki oleh sesorang. Cobalah anda mengkonsumsi makanan ringan dalam jumlah terbatas sebelum tidur.

Biasanya jenis makanan ringan yang disarankan yaitu buahan atau makanan ringan tanpa pengawet berlebihan.

3. Mulai belajar sebelum tidur
Metode tidur yang bisa membuat anda pintar tentu saja sangat disarankan untuk dilakukan. Apalagi hal ini akan ideal dilakukan bagi para pelajar termasuk siswa dan mahasiswa.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa belajar sebelum tidur akan meningkatkan daya ingat seseorang lebih dari 12 jam. Hal ini biasanya dilakukan bagi para pelajar yang akan mengikuti tes atau ujian di esok harinya.

Metode pembelajaran yang disarankan adalah dengan menghafal.

4. Mencoba aroma terapi sebelum tidur
Aroma terapi juga dianggap akan memberikan pengaruh yang sangat baik untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

Beberapa hasil penelitian merangkum bahwa aroma terapi tertentu akan memberikan ingatan hippocampus menjadi lebih baik sehingga membuat efek pada kinerja otak semakin maksimal.

Cara seperti ini sering dilakukan bagi orang yang ingin memaksimalkan kinerja otak untuk menampung informasi terbaru lainnya di keesokan hari.

5. Mendengarkan suara lembut
Berdasarkan sebuah kajian dari Northwestern University dan dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Human Northwestern, para periset mendapatkan bahwa saat orang mendengarkan suara yang lembut, maka akan terjadi perlambatan pada gelombang tidurnya dan ini bisa membuat ingatan jadi tambah tajam.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor