Thursday, September 10, 2015

Penting! 5 Kesalahan Fatal Kebiasaan Minum


Kebiasaan minum pasti Anda lakukan setiap waktu terutama minum air putih untuk memenuhi cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi dan membuat tubuh lebih segar.

Minum air putih bukanlah hal biasa tapi penting dan Anda harus tahu bagaimana cara minum yang tepat. Minum bukanlah sekedar memasukkan air ke dalam mulut, menghilangkan rasa haus dan mencegah kekurangan cairan tubuh.

Apakah selama ini cara minum Anda sudah benar dan menyehatkan? Ada berbagai kesalahan yang sering dilakukan oleh orang saat minum.

Secara tidak disadari ternyata dapat mengganggu kesehatan. Berikut ini kesalahan yang selalu dilakukan dalam kebiasaan minum dan bagaimana cara atau solusi minum yang benar.

Pertama. Selalu menerapkan kebiasaan minum sebanyak delapan gelas dalam sehari.

Seberapa sering Anda membaca atau mendapat informasi bahwa minum sebanyak delapan gelas sehari itu baik. Apakah Anda sudah sering melakukannya setiap hari? Apakah Anda sudah merasakan manfaatnya?

Sebenarnya itu adalah keliru. Oleh karena itu, hentikan sekarang juga kebiasaan minum delapan gelas sehari. Saatnya Anda merubah cara minum seperti itu karena bisa jadi membahayakan kesehatan Anda

Hasil yang diperlihatkan oleh lembaga kedokteran dari Amerika Serikat, kebanyakan orang dewasa hanya butuh 11,4 cangkir setiap hari.

Walaupun perhitungan ini bisa berubah menyesuaikan dengan keadaan dan bentuk tubuh, jenis makanan yang sering dikonsumsi, dan rutinitas harian yang sering dilakukan. Contoh, bagi orang yang berprofesi sebagai olahragawan sangat berbeda kebutuhan akan cairan dengan ibu rumah tangga.

Berbeda pula bagi orang yang suka makan buah-buahan dengan orang yang suka makanan kering. Buah-buahan sangat banyak mengandung air dan makanan kering tidak sama sekali.

Cairan tubuh pun akan terpenuhi jika makanan yang dikonsumsi mengandung air, seperti buah-buahan. Jadi, dapat disimpulkan perbedaan yang mencolok air yang dibutuhkan bagi orang dengan kebiasaan makannnya.

Saat Anda kehausan mungkin melakukan hal seperti meminum air banyak sekaligus. Cara ini sangat tidak disarankan, karena berbahaya.

Minumlah air putih secara bertahap, yaitu 1 teguk terlebih dahulu, kemudian beberapa menit Anda minum lagi 1 teguk. Ini akan mempermudah organ pencernaan menyerap air yang Anda minum.

Kedua. Kebiasaan minum ketika berolahraga

Olahraga memang aktivitas yang melelahkan tubuh. Disaat itulah banyak orang minum air saat berolahraga sedang dilakukan karena merasa lelah dan kehausan.

Namun apa yang dirasakan, tubuh masih saja merasa kurang cairan dan kepala menjadi pusing. Apakah Anda pernah mengalami itu? Itu tandanya minum saat berolahraga tidak baik bagi tubuh. Tubuh tidak memiliki cairan yang cukup saat olahraga.

Cara yang baik dan benar adalah Anda harus meminum air sebanyak empat gelas sebelum berolahraga. Alasannya mudah untuk mencegah dehidrasi saat berolahraga. Apalagi olahraga yang dilakukan cukup berat seperti jogging atau bersepeda.

Selain itu ingatlah minum air setelah Anda berolahraga sebagai pengganti cairan yang terbuang saat berolahraga.

Tiga. Kebiasaan minum hanya saat rasa haus datang

Pernahkah Anda minum saat diri Anda merasa haus? Biasanya orang minum air ketika mereka selesai berolahraga atau beraktivitas, saat cuaca yang panas terik dan sebagainya.

Hentikan kebiasaan tersebut, karena tubuh selalu bekerja setiap saat yang secara otomatis memerlukan cairan terus menerus untuk bisa menjalankan fungsinya.

Minumlah sedikit meskipun Anda sedang tidak merasa haus. Tubuh Anda tetap perlu air untuk proses metabolisme yang lebih baik dan lancar. Jika Anda mengabaikan hal ini, akibat fatal yang terjadi adalah penyakit berbahaya seperti gagal ginjal dan infeksi pada saluran kemih.

Keempat. Tidak minum sebelum dan sesudah tidur

Saat orang mengantuk dan ingin tidur di malam hari, biasanya tidak ingin minum air karena khawatir akan terganggu tidurnya seperti buang air kecil.

Padahal ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk minum satu gelas air sebelum tidur yang berguna untuk proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh. Kebiasaan orang saat bangun tidur adalah ingin buang air kecil. Ini sangat berguna untuk pembuangan racun tubuh.

Disamping itu juga disarankan minum setelah bangun tidur untuk membersihkan tubuh khususnya organ pencernaan sebelum memasukkan makanan baru sepanjang hari.

Lima. Anti terhadap minuman teh dan kopi

Sebagian orang percaya bahwa minum teh dan kopi bisa membuat dehidrasi tubuh. Anda sebaiknya tidak mempercayai ini karena hanya mitos.

Seorang pakar diet, Lisa Cashman, RD, menyatakan bahwa the dan kopi yang mengandung kafein memang punya sifat menghilangkan cairan tubuh. Alangkah baik jika minum teh atau kopi tetap membutuhkan batasan yang benar misalnya hanya minum maksimal dua cangkir dalam satu hari.