Saturday, October 10, 2015

Inilah 15 Manfaat Sehat dari Buah Sirsak


Tahukah Anda buah sirsak yang sering dikonsumsi dalam bentuk jus ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan? Buah yang bernama lain Annona muricata ini sudah populer dan tumbuh subur di Indonesia.

Sebagian masyarakat sering menyebutnya dengan nangka buris, nangka sebrang, nangka walanda, srikaya jawa, dan nangka landa. Buah ini memiliki ciri khas yaitu kulit yang berwarna hijau dengan banyak duri di permukaannya, hampir mirip dengan buah durian.

Daging sirsak yang lunak dan berwarna putih jika sudah matang dan ada beberapa biji hitam. Rasanya pun sangat enak yang terdiri dari asam dan manis.

Tak perlu diragukan, minuman dari sirsak tentu sangat nikmat jika disajikan dingin atau ditambahkan es. Buah sirsak ternyata bukan cuma menjadi minuman penyegar saja, tetapi dibalik itu sirsak memiliki aneka manfaat untuk kesehatan tubuh karena banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya.

Kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh dari sirsak adalah serat, mineral, vitamin, dan kalsium. Tidak mengherankan jika sirsak menjadi buah paling banyak digemari masyarakat karena rasa dan nutrisinya.

Dalam daging buah sirsak memiliki serat pangan yang disebut substansi non-gizi, dengan jumlah serat 3,3 gr dalam setiap 100 gr daging sirsak. Sedangkan kandungan mineral pada sirsak yang terdiri dari kalsium dan fosfor sebanyak masing-masing 14 dan 27 miligram dalam seratus gram sirsak.

Dengan beragamnya kandungan gizi atau nutrisi dalam buah sirsak membuat tubuh menjadi sehat. Zat gizi yang terkandung dalam sirsak sangat baik untuk diserap oleh sistem pencernaan tubuh khususnya pada usus, sehingga dapat didistribusikan ke semua jaringan tubuh manusia melewati aliran darah.

Dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak riset dan kajian yang membahas tentang khasiat dan manfaat dari buah sirsak. Dari hasil riset itu ternyata membuat banyak orang merasa takjub bahwa sirsak banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Ada hal yang sangat jarang orang ketahui bahwa pada biji sirsak mengandung racun. Namun jangan langsung berpikir harus membuang biji sirsak tersebut. Biji sirsak masih ada manfaatnya yaitu sebagai pembasmi serangga alami (insektisida). Ini sama fungsinya dengan biji srikaya. Penting untuk diingat ketika Anda ingin membuat minuman jus dari sirsak, pisahkan dulu biji sirsak dari daging buah sirsak. Sehingga biji sirsak tersebut bisa disimpan dan digunakan untuk insektisida.

Disamping manfaat yang banyak dari sirsak untuk dunia kesehatan. Banyak para pakar kesehatan, khususnya dalam bidang obat tradisional, buah sirsak dijadikan salah satu bahan untuk produk herbal karena khasiat yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap terjaga.

Berikut ini adalah kandungan yang bermanfaat dari buah sirsak, yaitu muricapentocin, acetogenins, linoleic  acid, annocatacin, gentisic  acid, annocatalin, gigantetronin, annonacin, caclourine, annomuricin, anomurine, annohexocin, dan anonol.

Dengan kandungan yang banyak tersebut, Anda harus tahu sebaiknya apa saja manfaat kesehatan dari buah sirsak yang sangat berguna bagi tubuh. Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Sirsak dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan pada tubuh
Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang kuat dan kebal terhadap penyakit. Untuk itu, dalam sirsak yang mengandung banyak zat bermanfaat mulai dari muricapentocin sampai anonol yang telah disebutkan sebelumnya yang berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang selalu mengkonsumsi sirsak menjadikan tubuh tahan terhadap penyakit.

Kandungan yang lain dalam sirsak yang tidak kalah pentingnya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C dalam sirsak sebanyak 60 mg terdapat 300 mg buah sirsak. Angka ini terbilang tinggi untuk kadar vitamin C untuk memenuhi asupan vitamin C bagi tubuh.

Peran utama dari vitamin C dalam sirsak adalah dapat mengantisipasi datangnya radikal bebas yang masuk dalam tubuh serta menekan penuaan dini. Jadi, konsumsi sirsak dengan teratur bermanfaat buat Anda yang ingin tampil segar dan awet muda.

2. Sirsak mampu membasmi kolestrol jahat dalam tubuh
Buah sirsak bukan cuma memiliki kandungan vitamin C tapi juga mengandung banyak serat yang pastinya sangat berguna untuk tubuh. Serat yang terkandung pada buah sirsak sangat ampuh dalam proses penyerapan kolestrol jahat dalam tubuh.

Positifnya, tubuh akan terhindar dari kolestrol jahat dan tersisa cuma ada kolestrol baik saja dalam tubuh. Oleh karena itu untuk menghindari tubuh dari kolestrol jahat, minumlah jus sirsak secara rutin dan teratur sebanyak 1 gelas. Maka tubuh akan sehat dan tidak terserang berbagai jenis penyakit yang diakibatkan karena kolestrol jahat.

3. Sirsak dapat menjadi sumber asupan tenaga untuk tubuh
Banyak orang beranggap karbohidrat berasar dari beras atau ubi saja. Buah sirsak juga ada kandungan karbohidrat  yang bermanfaat sebagai sumber tenaga. Selain karbohidrat sebagai sumber energi, sirsak mengandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk optimalisasi fungsi organ penting tubuh yaitu otak, jantung, paru-paru, dan ginjal. Mekanisme dari vitamin B1 berperan sebagai co-enzim, untuk merubah zat glukosa menjadi energi tubuh.

4. Sirsak berkhasiat untuk kesehatan tulang
Buah sirsak secara fakta banyak mengandung zat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain mengandung vitamin C dan B, sirsak memiliki fosfor dan kalsium yang sudah tentu bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor yang ada pada setiap 100 mg sirsak mengandung sebanyak masing-masing 14 mg dan 27 mg.

Disamping mengandung kalsium dan fosfor yang bagus untuk tulang. Sirsak mengandung zat yang dapat mendukung proses penyerapan zat kalsium pada tulang sehingga lebih cepat dan zat itu bernama zat tembaga. Jadi, zat tembaga dan kalsium merupakan zat yang baik dalam bekerja sama dalam proses penguatan tulang.

Efek positif dari mengkonsumsi sirsak adalah seseorang akan terhindar dari penyakit tulang keropos atau osteoporosis. Apalagi ditambah dengan kegiatan rutin berolahraga dapat juga membantu tulang menjadi kuat. Kombinasi yang baik jika mengkonsumsi sirsak dengan olahraga agar tubuh menjadi sehat.

5. Sirsak membantu menambah daya ingatan (memori) dan konsentrasi
Kandungan tiamin yang berasal dari buah sirsak ternyata berguna untuk memelihara fungsi otak manusia dan mampu menambah atau meningkatkan kekuatan ingatan sekaligus konsentrasi. Bagi Anda para pelajar, sangat cocok untuk konsumsi sirsak agar lebih baik dalam belajar.

Sirsak yang juga mengandung berbagai vitamin mampu melepas beban atau stres pada otak. Otak pun akan diperkuat dari sistem saraf motorik karena mengkonsumsi sirsak.

6. Sirsak bermanfaat sebagai pencegah berbagai penyakit kanker
Sirsak tidak cuma mengandung nutrisi yang banyak akan vitamin. Selain vitamin, sirsak juga memiliki senyawa yang bernama fitokimia atau dengan istilah lain dinamakan Annonaceous acetogenins. Manfaat dari senyawa fitokimia ini tidak bisa dianggap remeh, karena mampu menghalangi bermacam-macam virus penyakit berbahaya contohnya kanker.

Di mata banyak orang, kanker adalah penyakit ganas yang hanya bisa disembuhkan melalui metode canggih. Tetapi sirsak dapat mencegah beberapa penyakit kanker hanya dengan mengkonsumsi sirsak saja. Adapun kanker yang bisa dicegah adalah kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat dan lainnya.

Agar terhindar dari penyakit kanker, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sirsak secara teratur. Cara konsumsi sirsak boleh dengan memakan daging sirsaknya langsung ataupun dalam bentuk olahan seperti obat herbal yang terbuat dari sirsak.

7. Sirsak bisa mencegah penyakit mata katarak
Bagi orang yang mengalami gangguan pada mata seperti mata rabun dan katarak. Sirsak dapat menjadi solusi mudah dan murah. Caranya dengan rajin minum buah sirsak dua kali sehari, dapat menurunkan risiko pada gangguan atau penyakit yang ada pada mata.

8. Manfaat sirsak dapat menyembuhkan bisul
Salah satu penyakit kulit yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah bisul meskipun penyakit ini tidak begitu berbahaya seperti kanker dan lainnya. Tetapi apapun itu, penyakit termasuk bisul tentunya dapat mengganggu seseorang karena akan berpengaruh buruk terhadap penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Sebagian orang jika mengalami penyakit bisul cara mengobatinya adalah menggunakan salep kulit.

Berita baiknya adalah ada obat yang lebih alami untuk menyembuhkan bisul yaitu dari buah sirsak. Berhubung obat alami untuk bisul ini dari sirsak, pastinya cara pembuatan ramuannya pun sangat mudah. Pertama kali Anda pisahkan daging buah sirsak. Buat isi atau daging sirsak tersebut sampai menjadi halus atau hancur seperti bubur. Setelah sirsak seperti menjadi bubur, tempelkan sirsak pada area kulit yang terkena bisul.

Tunggu sampai beberapa menit sampai menjadi kering. Jika sudah kering, Anda harus membasuh menggunakan air hangat sampai bersih. Cara pengobatan ini tidak bisa hanya sekali saja, tetapi harus dilakukan hingga beberapa kali sampai bisul yang ada pada kulit menjadi sembuh atau normal.

9. Buah sirsak menjadi obat pengurang risiko penyakit diabetes
Buah sirsak termasuk dalam kategori buah yang manis. Tapi bukan berarti manis mengandung kadar gula yang tinggi. Sirsak tidak memiliki kadar gula tinggi jadi bisa bermanfaat untuk mengurangi bahaya penyakit diabetes. Namun perlu diingat pula, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah banyak atau melampaui batas.

10. Sirsak mampu sembuhkan sakit kepala sebelah atau migrain
Kebanyakan orang yang mengalami sakit kepala contohnya migrain pasti selalu mencari solusinya dengan obat atas rekomendasi dokter. Tapi apakah cukup hanya dengan obat? Obat dari dokter tidaklah cukup sebagai solusi dari sakit migrain. Ada obat yang berbahan alami untuk atasi migrain. Buah sirsak ternyata masuk dalam daftar itu.

Mengapa sirsak dapat menyembuhkan migrain? Karena dalam buah sirsak mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang tinggi. Vitamin B2 itulah yang sangat berguna mengusir penyakit kepala sebelah atau migrain. Jadi, jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia jika sudah tersedia obat dari bahan alami, yaitu sirsak.

11. Sirsak berkhasiat untuk kulit agar tetap lembab
Dibalik rasa yang enak dari sirsak ternyata menyimpan manfaat yang baik untuk memelihara kelembaban kulit agar tetap sehat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam sirsak yang dapat membuat kulit menjadi lembab. Anda ingin kulit yang halus, lembut, lembab dan juga bersinar? Caranya gampang, konsumsi sirsak secara teratur agar mendapatkan kulit yang sehat dan bagus.

Dalam mengkonsumsinya pun bisa berbagai cari dari memakan sirsaknya langsung, diolah dalam bentuk minuman jus, atau dijadikan masker untuk wajah. Dalam waktu yang tidak lama, kulit akan menjadi lebih cerah, terjaga kelembabannya, secara otomatis wajah dan kulit akan tampak lebih muda. Anda tak perlu mengandalkan produk kosmetik yang sebagian besar terbuat dari bahan kimiawi untuk mendapatkan kulit sehat dan lembab.

12. Sirsak mempunyai khasiat untuk menyembuhkan wasir atau ambeien
Penyakit wasir termasuk penyakit yang sudah ada obatnya di pasaran. Walaupun begitu, tidak mesti tanpa menggunakan obat berbahan alami. Nyatanya, buah sirsak juga bisa ampuh dalam mengatasi wasir yang bisa dianggap penyakit yang membuat derita bagi yang mengalaminya karena sulitnya ketika duduk.

Sirsak ini sangat mudah untuk dijadikan obat wasir. Di awal, seduh terlebih dulu sirsak dengan air panas. Kemudian Anda pisahkan air dengan buah sirsak. Buah sirsak diperas yang sebelumnya telah diseduh hingga mengeluarkan air. Setelah selesai diperas, air hasil perasan tersebut diminum. Agar penyakit wasir cepat sembuh, konsumsilah obat atau ramuan dari sirsak ini 2 kali setiap hari. Mudah-mudahan wasir yang diderita akan sembuh.

13. Buah sirsak dapat mencegah dan mengobati penyakit anemia
Sungguh luar biasa manfaat dari buah sirsak. Tak disangka oleh banyak orang bahwa sirsak ternyata dapat menjadi obat untuk mencegah sekaligus mengatasi anemia. Sirsak memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menambah atau memproduksi sel darah merah. Karena sel darah merah sangat penting fungsinya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh tidak terkecuali semua organ tubuh supaya dapat bekerja dengan normal dan baik untuk menjalankan fungsinya masing-masing.

14. Sirsak bermanfaat untuk memelihara pencernaan agar sehat
Sistem pencernaan merupakan hal penting karena disitulah sumber gizi dari makananan atau minum diserap dan dicerna. Jangan sampai terjadi penyakit karena gangguan pencernaan seperti diare ataupun sembelit.

Dalam sirsak yang mengadnung vitamin B2 juga ada khasiatnya sebagai pelindung membran mukosa pada usus agar organ pencernaan selalu normal dan sehat. Tubuh pun terhindar dari datangnya penyakit pada pencernaan.

15. Buah sirsak dapat menekan bahaya penyakit serangan jantung
Buah sirsak yang terkenal ini pun tidak luput dari riset yang menunjukkan bahwa sirsak dapat bermanfaat untuk mengusir aterosklerosis yang berada di jantung. Hal ini sangat berbahaya, karena itu berarti sebuah situasi dimana arteri pada jantung yang berubah menjadi tebal.

Akibat negatifnya adalah aliran darah menjadi tersendat dan memperbesar peluang terkena serangan jantung. Untuk itu para pakar kesehatan mengungkapkan keajaiban dari reaksi yang berasal dari vitamin C dari sirsak untuk mengatasi masalah penebalan pada arteri jantung. oleh karena itulah, kita harus berhati-hati terhadap penyakit ini karena datangnya bisa kapan saja. Sebagai upaya pencegahan, mengkonsumsi buah sirsak dapat menjadi salah satu solusi agar jantung tetap sehat.

Sungguh menakjubkan, bukan! Buah sirsak yang selama ini sering dinikmati hanya sebagai minuman segar ternyata dapat menjadi jawaban atas berbagai penyakit mulai dari kanker sampai wasir. Semoga informasi ini dapat menjadi acuan untuk gaya hidup sehat hanya memanfaatkan bahan alami, khususnya buah sirsak. Selamat mencoba.