Ternyata Sering Main Ponsel Berbahaya Bagi Otak Anak


Sebagian orang tua di zaman sekarang lebih memilih untuk memberikan gadget kepada anak agar tidak rewel atau sekedar ingin mengalihkan perhatiannya. Tapi malah ini menjadi masalah tersendiri. Faktanya banyak sudah anak yang menjadi pecandu gadget. Sehingga mereka hanya sibuk bermain dengan gadget selama berjam-jam.

Memang perangkat elektronik semisal televisi, ponsel, tablet, atau laptop tidak dilarang untuk dikenalkan kepada anak. Namun perlu juga pengawasan khusus kepada mereka saat menggunakannya. Jika tidak, akan menimbulkan hal negatif seperti lupa waktu dan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini diutarakan oleh ahli kejiwaan senior dari Departemen Perkembangan dan Pertumbuhan Anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak KK, Singapura, Soong Chi Mei.

Di lain sisi, kita tentu juga merasakan manfaat luar biasa dari perangkat elektronik yang sifatnya memudahkan pekerjaan, Soong menganjurkan supaya para orang tua mulai dari bapak, ibu atau pengasuh untuk mengerti tentang paparan radiasi dari gadget memberi efek bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Berdasarkan dari Singapore Health XChange, Soong memberi peringatan bahwa kebiasaan membiarkan anak terlalu asyik dengan ponsel dan sejenisnya dapat mengurangi daya pikir mereka.

“Nantinya akan berkembang banyak gejala minimnya perhatian dari si Anak, impulsivitas dan ingatan jangka pendek yang lemah, yang berakibat pada kendala dalam belajar dan perilaku,” ujar Soong.

Semestinya saat anak belum sekolah diajarkan untuk latihan menulis tangan agar mempertajam kemampuan motorik halus mereka. Disamping itu, lepaskan anak untuk bermain-main yang ada unsur olahraga ringan seperti main balok dan menggambar serta berjalan-jalan di halaman sekitar rumah. Hal itu tentunya tidak diperoleh bagi anak yang main ponsel. Anak yang selalu main ponsel akan sedikit bergerak, banyak duduk atau berbaring yang bersifat sedentari.

Padahal gaya hidup sedentari atau sedikit bergerak membawa ancaman penyakit seperti obesitas. Oleh karena itu, perlu bagi orang tua mengajak bermain di luar yang bersifat olahraga atau banyak gerak agar anak terhindar dari risiko obesitas dan penyakit lainnya.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor