Wow! Inilah Manfaat Buah Kurma Bagi Penderita Diabetes


Manfaat buah kurma untuk diabetes - Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh ketidakmampuan organ pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Di dalam tubuh, hormon insulin bertugas untuk mengatur kadar gula dalam darah. Apabila hormon ini tidak dikeluarkan tubuh karena organ pankreas yang bermasalah, maka kadar gula dalam darah akan meningkat.

Tentang Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Diabetus Melitus, merupakan penyakit yang masuk dalam peringkat kedua sebagai penyakit mematikan di Indonesia setelah kanker. Penyebab paling utama seseorang mengalami atau menderita diabetes adalah faktor keturunan.

Kelainan yang terjadi pada organ pankreas juga bisa menurun kepada anggota keluarga yang lain. Sebagai contoh, apabila seorang ayah menderita penyakit diabetes, maka anak perempuannya akan berisiko besar menderita penyakit diabetes pula di kemudian hari.

Penyebab lain seseorang bisa menderita penyakit diabetes adalah pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Sebagian masyarakat mengaku bahwa mereka tidak memiliki garis keturunan penderita diabetes, namun mengapa terdeteksi menderita penyakit diabetes? Jawabannya terletak pada pola makan.

Penderita diabetes terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, seperti roti, permen, nasi, jagung, buah-buahan dan lain-lain. Ditambah lagi, waktu konsumsi makanan yang bergula tinggi itu saat malam hari. Ketika malam hari, tubuh waktunya beristirahat. Termasuk metabolisme dalam tubuh. Saat tubuh dipaksa untuk bekerja mencerna makanan di malam hari, saluran pencernaan pada manusia tidak akan bekerja cepat seperti di siang hari.

Nah, hal itulah yang menyebabkan makanan tidak terproses secara sempurna dan akhirnya bisa menimbulkan penyakit diabetes. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi buah-buahan bukanlah pantangan, asalkan tahu batasannya. Termasuk saat mengkonsumsi buah kurma. Lantas apa manfaat buah kurma untuk diabetes?

Manfaat Buah Kurma untuk Diabetes

Buah kurma yang biasa tumbuh subur di tanah Arab ini memang memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mengungkapkan bahwa buah kurma termasuk salah satu obat segala penyakit. Maka dari itu, tak heran jika saat ini banyak yang menyatakan buah kurma sebagai obat mujarab ala Nabi.

Kandungan gizi dalam buah kurma diantaranya 15 mineral seperti magnesium, kalium, fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan 23 jenis asam amino seperti linoleat, linolenat, asam palmitolheat dan lain-lain. Buah kurma juga dilengkapi glukosa dan fruktosa (gula buah), vitamin C, vitamin B kompleks, dan serat.

Kandungan gizi yang lengkap dalam buah kurma, termasuk gula, tentunya akan berpengaruh pada penderita diabetes yang notabene memang tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi. Namun hal tersebut bukan berarti bahwa buah kurma tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes tetap diperbolehkan mengkonsumsi buah manis legit ini, maksimal 3 butir dalam sehari untuk memberikan manfaat lain di dalam tubuh. Manfaat buah kurma untuk diabetes diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan jantung
2. Menjaga kesehatan pencernaan
3. Mencegah anemia
4. Mencegah insomnia
5. Sebagai sumber antioksidan
6. Menjaga kesehatan organ seksual
7. Menjaga kesehatan dan elastis kulit
8. Meningkatkan ingatan dan daya pikir

Itulah beberapa manfaat buah kurma untuk diabetes. Apabila seorang penderita diabetes yang pada awalnya (sebelum terdeteksi menderita penyakit diabetes) sangat gemar mengkonsumsi buah kurma, maka sekarang harus mulai bisa mengontrol diri.

Bukan berarti tidak boleh sama sekali, hanya saja dibatasi jumlahnya, sehingga kadar gula dalam tubuh tidak melonjak tinggi. Segeralah periksa ke dokter jika mengalami keluhan yang menjadi ciri-ciri kadar gula dalam tubuh mulai meningkatkan.
Wow! Inilah Manfaat Buah Kurma Bagi Penderita Diabetes Wow! Inilah Manfaat Buah Kurma Bagi Penderita Diabetes Reviewed by Muhammad Rasyiduddin on 7:03:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.