Tips Terbaik Untuk Mencegah Bau Mulut Tak Sedap


Bau mulut yang tak sedap menjadi mimpi buruk bagi banyak orang. Apalagi hal ini berkaitan dengan kepercayaan diri saat melakukan komunikasi atau berinteraksi secara langsung kepada banyak orang.

Sebenarnya anda tidak perlu khawatir berlebihan karena ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghindari bau mulut berlebihan. Cara yang ideal dilakukan untuk mencegah bau mulut tak sedap seperti itu tentu saja tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal.

5 tips mencegah bau mulut tak sedap yang harus dicoba

Ada beberapa pilihan pencegahan yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Tentu saja cara seperti ini membutuhkan waktu yang sesuai dengan kondisi dari mulut anda sendiri.

Berikut ini ada 5 tips mencegah bau mulut tak sedap yang harus anda coba, seperti:

1. Mengkonsumsi air putih
Air putih dianggap sebagai elemen penting untuk mencegah bau mulut tak sedap. Anda disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari.

Cara seperti ini akan membuat kondisi mulut anda selalu lembab dan mengurangi perkembangan bakteri penyebab bau mulut. Mulut dengan kondisi kering menjadi salah satu penyebab bau mulut yang berlebihan.

2. Menjaga pola asupan nutrisi
Anda juga harus mulai menjaga asupan nutrisi dengan menghindari berbagai makanan penyebab bau mulut berlebihan. Beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab bau mulut seperti saus tomat, bawang putih, makanan dengan rasa manis, bawang merah, terasi dan lainnya.

Mulailah meningkatkan konsumsi buahan dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan protein yang lebih baik. Anda juga bisa mendapatkan saran dari ahli gizi untuk mendapatkan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh dan terhindar dari bau mulut.

3. Rajin membersihkan gigi
Rekomendasi lain dari mencegah bau mulut tak sedap adalah dengan rajin membersihkan gigi. Anda harus mulai rutin menyikat gigi setelah makan atau beraktifitas dalam waktu yang cukup lama.

Idealnya, anda bisa menyikat gigi 2 kali sehari dengan memperhatikan kondisi dari sikat dan pasta gigi yang digunakan. Jangan lupa untuk terus menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

4. Tidak merokok
Rokok dianggap sebagai salah satu penyebab bau mulut yang berlebihan. Asap yang dihasilkan rokok biasanya akan hinggap dan memberikan ruang yang besar bagi bakteri penyebab bau mulut untuk berkembang. Berhentilah merokok sekarang juga untuk menghindari bau mulut tak sedap.

5. Periksa gigi secara berkala
Ini adalah hal penting yang harus anda lakukan. Mulailah melakukan pemeriksaan di dokter gigi secara berkala. Beberapa dokter gigi memang menyarankan untuk melakukan pemeriksaan 2 kali dalam satu tahun. Pemeriksaan ini dianggap akan memudahkan deteksi terhadap penyakit atau bakteri penyebab bau mulut berlebih.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

7 Trik Gacor inDriver

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar