3 Cara Menghilangkan Rasa Egois


Sifat egois sudah merupakan tabiat manusia. Hampir tidak ada orang yang bisa lepas dari sifat ini. Hanya saja, kadar egois pada setiap orang saling berbeda, ada yang sedikit dan ada yang banyak. Ketika menjalin hubungan, sifat egois tidak bagus dan cenderung merugikan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menghilangkan sifat jelek ini, sebaiknya Anda membaca 3 cara menghilangkan rasa egois yang akan saya bagikan di bawah ini.

1. Cari tahu penyebabnya
Salah satu cara menghilangkan rasa egois yang sangat penting adalah mencari tahu penyebab datangnya sifat egois tersebut. Terkadang sifat egois secara tidak langsung tertanam sewaktu kecil akibat tidak pernah mendapatkan teguran ketika melakukan kesalahan, atau meskipun salah tetap dibela oleh orang tua.

Ketika sifat ini terbawa sampai besar, menyebabkan munculnya rasa egois karena tidak pernah mau disalahkan dan tidak pernah mau mengalah. Jika penyebab rasa egois sudah diketahui, maka menghilangkannya jadi lebih mudah.

2. Bersedia menerima kritikan
Kritikan dari orang lain pasti akan datang terkait dengan pekerjaan atau aktifitas yang Anda lakukan. Anda dikatakan memiliki sifat egois dalam hal ini ketika Anda tidak suka dan tidak mau sama sekali untuk menerima kritikan yang ada. Tentu saja hal ini tidak bagus bagi Anda, karena Anda tidak siap untuk berbenah dan introspeksi.

Nah, cara menghilangkan rasa egois ini adalah bersikap terbuka dan siap menerima kritikan yang menimpa Anda. Terimalah kritikan tersebut sebagai acuan untuk berbenah dan meningkatkan pribadi Anda menjadi lebih baik.

3. Belajar bersikap empati
Sifat egois terlihat jelas pada seseorang yang terkesan tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekelilingnya. Jika Anda memiliki sifat seperti ini, berarti Anda memiliki sifat egois.

Besar tidaknya sifat egois Anda tergantung seberapa besar ketidakpedulian Anda dengan lingkungan sekitar Anda. Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan rasa egois adalah dengan belajar untuk memiliki sikap empati. Mulailah untuk peduli dengan orang-orang di sekeliling Anda dan berupaya untuk membantu mereka sesuai dengan kemampuan.

Semoga bermanfaat.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda