3 Cara Menghilangkan Rasa Kesemutan


Kesemutan merupakan gangguan fisik yang terjadi akibat tekanan yang cukup lama menimpa saraf, sehingga suplai darah dalam tubuh berkurang dan dehidrasi. Kesemutan menimbulkan sensasi kebas, mati rasa, serta panas seperti tertusuk-tusuk jarum. Kondisi  ini bisa dirasakan dimana saja pada anggota tubuh, terutama tangan dan kaki.

The National Institute of Neurological Disorders and Stroke menegaskan kalau hampir setiap orang pernah mengalami kesemutan, yang diakibatkan duduk terlalu lama atau saat tidur. Dalam ilmu medis kesemutan jenis ini disebut paresthesia temporer dan akan hilang sendiri setelah penekanan saraf dihilangkan.

Hal ini berbeda dengan kesemutan yang disebabkan oleh penyakit dalam tubuh atau disebut paresthesia kronis. Kesemutan terjadi hilang timbul tanpa terjadi penekanan saraf. Paresthesia kronis ini bisa disebabkan gangguan pada saraf, infeksi, diabetes, atau kekurangan vitamin B.

Kesemutan menyebabkan penderitanya terganggu dan merasa kurang nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti tips cara menghilangkan rasa kesemutan di bawah ini.

1.Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B
Salah satu penyebab terjadinya kesemutan adalah kurangnya asupan vitamin B terutama vitamin B1, B6, dan B12. Oleh karena itu, sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi makanan seperti telur, ikan, susu, keju, oatmeal, serta makanan kaya vitamin B sebagai solusi utama dan cara menghilangkan rasa kesemutan tersebut.

2.Meningkatkan asupan magnesium
Kadar magnesium yang rendah dalam tubuh bisa juga memicu munculnya kesemutan. Peranan magnesium bagi sistem saraf pada tubuh sangat penting karena mampu mencegah kerusakan saraf.

Mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium juga efektif dalam meningkatkan suplai darah. Beberapa contoh makanan yang mengandung magnesium tinggi dan bisa dikonsumsi rutin sebagai salah satu cara menghilangkan rasa kesemutan adalah sayuran hijau, pisang, alpukat, serta kacang-kacangan.

3.Mengkonsumsi kunyit
Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi, sehingga sering digunakan sebagai herbal kesehatan untuk mengobati beberapa penyakit tertentu. Salah satu dari penyakit tersebut adalah kesemutan.

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya minum air kunyit agar kesemutan yang sering dirasakan bisa hilang. Selain itu, khasiat kunyit juga sangat besar dalam membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain ketiga cara di atas, masih ada beberapa cara menghilangkan rasa kesemutan lainnya yang bisa Anda coba terapkan, seperti minum air jahe, berolahraga secara rutin setiap hari, dan lain-lain.

Postingan Populer

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas