4 Cara Menghilangkan Rasa Malas Sholat 5 Waktu Dalam Tinjauan Syariat


Sangat penting bagi setiap muslim yang masih malas mengerjakan sholat lima waktu untuk mengetahui cara menghilangkan rasa malas sholat 5 waktu. Mengapa penting? Karena sholat merupakan rukun kedua dari 5 rukun islam dan merupakan tiang islam sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits.

Saking besarnya kedudukan sholat dan tingginya nilai sholat di dalam islam, Allah Azza Wajalla memberikan kewajiban sholat lima waktu langsung kepada Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tanpa melalui perantaraan Jibril Alaihis Salam. Peristiwa ini terjadi ketika Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam di mi’raj kan ke langit ketujuh pada malam Al-Isra’ Wal Mi’raj. Berbeda dengan syariat lainnya yang diturunkan kepada nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam melalui perantaraan Jibril Alaihis Salam.

Terjadi perselisihan pendapat dikalangan para ulama tentang orang yang meninggalkan sholat lima waktu secara sengaja. Sebagian mengatakan hukumnya dosa besar jika dia meninggalkannya semata-mata karena malas tetapi masih tetap meyakini kewajibannya. Sementara ulama lainnya mengatakan hukumnya kafir jika dia meninggalkannya dengan sengaja meskipun tetap meyakini kewajibannya.

Bahkan, seorang tabi’in (generasi yang hidup di zaman para shabat nabi dan bukan sahabat nabi) yang bernama Abdullah bin Syaqiq rahimahullah menyebutkan bahwa dahulu para sahabat nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memandang tidak adanya amalan yang kapan ditinggalkan bisa menyebabkan kekafiran melainkan meninggalkan sholat.

Terlepas dari perselisihan tersebut, meninggalkan sholat merupakan perbuatan yang sangat besar bahayanya dan merupakan bentuk kekurangajaran pada hak Allah Azza Wajalla.

Berdasarkan uraian di atas, tentu Anda sudah mengetahui alasan utama mengapa Anda harus melawan rasa malas melaksanakan sholat dan pentingnya mengetahui cara menghilangkan rasa malas sholat 5 waktu. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut :

1.Pahami kedudukan sholat dalam Islam
Cara menghilangkan rasa malas sholat 5 waktu yang pertama ini sebenarnya sudah sedikit disinggung di atas. Selain itu, sholat merupakan amalan yang paling pertama kali akan dihisab di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jika sholatnya baik, maka dia telah beruntung  dan selamat. Jika sholatnya rusak, maka dia telah merugi dan celaka.

2.Semangat dalam menuntut ilmu agama
Cara menghilangkan rasa malas sholat 5 waktu berikutnya adalah semangat dalam menuntut ilmu agama atau bermajelis ilmu. Salah satu faktor pendorong terbesar seseorang mampu melakukan berbagai amalan dalam islam, termasuk mengerjakan sholat adalah pemahaman dan ilmu agama yang dimiliki oleh seseorang. Berbagai kemaksiatan, kesesatan, pelanggaran yang ada atau dilakukan seseorang diawali dengan kebodohan.

Mempelajari ilmu agama yang benar dan menuntutnya dengan penuh keikhlasan akan meningkatkan ilmu dan iman, sedangkan malas menuntut ilmu akan menyebabkan kebodohan dan berkurangnya iman.  Di sinilah letak pentingnya semangat menuntut ilmu atau bermajelis ilmu.

3.Bergaul dengan orang-orang yang rajin sholat
Islam sangat memperhatikan masalah pergaulan. Bahkan nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mengingatkan bahwa agama seseorang (benar tidaknya/rusak tidaknya) tergantung teman dekatnya. Maka hendaknya setiap orang betul-betul memperhatikan siapa yang dia jadikan sebagai teman dekat.

Bergaul dengan orang yang malas sholat akan menjadikan Anda ikut-ikutan malas mengerjakan sholat. Berteman dengan orang-orang yang rajin sholat akan mendorong Anda untuk ikut rajin melaksanakan sholat lima waktu. Ini termasuk salah satu cara menghilangkan rasa malas sholat 5 waktu yang perlu diperhatikan.

4.Banyak berdo'a
Cara menghilangkan rasa malas sholat 5 waktu yang terakhir pada artikel kali ini adalah memperbanyak do'a kepada Allah Azza Wajalla. Sebesar apapun keinginan Anda untuk selalu melakukan ketaatan dan meninggalkan kemaksiatan pasti tidak akan mampu terwujud kalau tidak mendapatkan hidayah dan taufik dari Allah Azza Wajalla.

Anda dan saya adalah hamba Allah yang diatur dan dikendalikan oleh Allah Azza Wajalla. Oleh karena itu, agar rasa malas mengerjakan sholat bisa hilang, jangan lupa untuk selalu memperbanyak doa kepada Allah Azza Wajalla.

Demikianlah informasi seputar cara menghilangkan rasa malas sholat 5 waktu pada artikel kali ini. Oh ya, perlu diingat bahwa hal yang juga penting untuk selalu dijaga dalam segala sesuatu termasuk tekad dan keinginan untuk meninggalkan rasa malas melaksanakan sholat adalah betul-betul ikhlas dalam keinginan tersebut dan diwujudkan dengan sungguh-sungguh mengerjakannya.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda