Hasil Riset: Dampak Buruk Media Sosial Serupa dengan Narkoba


Seiring perkembangan zaman membuat banyak orang memiliki ketergantungan yang intens terhadap media sosial. Pasalnya tak sedikit orang yang lebih meluangkan banyak waktunya untuk menggunakan sosial media daripada berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Meskipun kini media sosial banyak membantu untuk menggali informasi serta ide-ide yang potensial, namun di balik kecanggihannya media sosial juga menyimpan banyak sekali dampak negatif yang tak ubahnya seperti candu narkoba.

Dilansir dari Medical Daily mengungkapkan bahwa bersentuhan secara terus menerus dengan media sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap stimulus otak. Seperti misalnya tatkala ada sebuah notifikasi yang masuk, maka otak secara sigap akan langsung meresponnya.

Tak hanya itu, dampak buruk dari penggunaan sosial media ini juga mampu membuat penggunanya kecanduan seperti para gembong judi. Kebiasaan ini secara tidak langsung mampu menurunkan psikologis hingga menghambat stimulus pada otak seseorang sehingga membuat otak sangat lamban sekali tatkala mengambil sebuah keputusan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dar Meshi salah satu ilmuwan dari Michigan State University mengatakan bahwa kini sudah hampir sepertiga manusia di bumi yang memiliki ketergantungan terhadap media sosial.

Biasanya seseorang yang sudah mulai kecanduan terhadap media sosial ini lebih cenderung memunculkan gejala maladaptif di dalam aktivitasnya.

Tak heran jikalau kini banyak masyarakat yang menuntut perhatian kepada pemerintah untuk serius menangani kasus ini, demi terwujudnya generasi yang bijaksana dalam menggunakan sosial media.

Di Indonesia sendiri pemerintah belum menetapkan batasan usia dan waktu penggunaan sosial media. Namun bukan berarti kita bisa sesuka hati menggunakannya tanpa mengindahkan efek samping yang akan diterima di kemudian hari.

Oleh sebab itu sebelum terlanjur dan mendapatkan efek serupa dengan pecandu obat-obatan terlarang hingga gembong judi, alangkah lebih baiknya jikalau gunakan media sosial seperlunya saja dengan bijaksana.

Nah, itulah sekelumit ulasan mengenai dampak negatif sosial media bagi psikologis seseorang yang bisa kami jabarkan. Mulai saat ini biasakan menggunakan sosial media secara bijaksana dan sesuai kebutuhan supaya kehidupan dan masa depan Anda berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor