Tips Mencegah Perilaku Makan Berlebihan agar Dietmu Sukses


Mengkonsumsi makanan yang berlebihan memang tidak dianjurkan, selain mampu menyebabkan obesitas tentunya juga membuka jalan masuk gejala-gejala penyakit kronis lainnya.

Banyak sekali orang yang tidak meyadari, bahwa sejatinya mereka sudah mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Menurut Medical Daily ada beberapa tips mencegah perilaku makan berlebihan yang dapat Anda hindari demi menjaga kesehatan serta kelangsungan hidup.
Selain itu, dengan mengatur pola makan cukup juga akan membuat berat badan kita menjadi lebih ideal.

Nah bagi yang penasaran langsung saja simak tipsnya berikut ini.

1. Menurunkan kecepatan makan
Menurut seorang ilmuwan bernama Dr Amanda Foti seorang pakar diet dari Selvera Meight Management Program mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan secara tergesa-gesa akan menyebabkan otak menjadi tidak sadar bahwa Anda telah makan secara berlebihan, padahal otak membutuhkan waktu 20 menit untuk memunculkan reaksi kenyang.

2. Jangan melewatkan sarapan
Kini puasa sering dijadikan sebagai alternatif untuk mensukseskan program diet seseorang.

Namun ada beberapa efek samping yang tidak disadari, bahwa keinginan makan yang menggebu-gebu tersebut justru membuat Anda melahap habis seluruh makanan yang tersedia hingga menyadari bahwa Anda sudah makan secara berlebihan.

3. Mengatur porsi makan
Kebiasaan menghabiskan makanan yang tersaji merupakan suatu hal yang kerap dilakukan oleh banyak orang, hingga tersadar bahwa mereka telah mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Nah guna meminimalisir perilaku makan berlebih, maka ambillah porsi makan sedikit demi sedikit guna membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi. Kebiasaan ini juga akan membuat Anda untuk tidak membuang makanan secara percuma.

4. Minum air yang cukup
Menurut penelitian ilmuwan dari University of Texas bernama Dr. John Higgins menyatakan bahwa munculnya rasa lapar ini bisa disebabkan karena tubuh yang kurang memiliki asupan air yang cukup, sehingga akan membuat perut terasa lapar.

Selain itu kekurangan air ini juga membuat kinerja organ hati tidak berjalan secara optimal sehingga akan mempengaruhi jumlah energi yang dimiliki.

Itulah 4 tips mudah mencegah perilaku makan berlebih yang bisa Anda terapkan supaya terhindar dari perilaku yang konsumtif.

Beberapa tips tersebut di atas dapat membantu Anda untuk mengatur jumlah makanan serta mengatur lingkar perut supaya tetap stabil. Selamat mencobanya.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor