Pentingnya Menanam Nilai Religius Sejak Dini di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat


Bagi anda yang sudah memiliki anak, mendidik mereka sejak kecil merupakan sebuah kewajiban. Sebab jika sejak kecil seorang anak sudah memperoleh pendidikan yang bagus maka kelak ia akan tumbuh menjadi pribadi yang berperilaku baik.

Para orang tua sudah selayaknya memberikan pedoman berperilaku yang baik bagi sang anak dan memberikan wawasan pula mengenai perilaku yang buruk. Salah satu nilai yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini adalah nilai religius. Dimana dalam nilai tersebut tersimpan banyak manfaat penting yang bagus untuk membangun karakter buah hati sejak ia masih kecil.

Nilai religius merupakan sebuah pondasi yang sebaiknya ditanamkan oleh orang tua pada buah hati sejak mereka masih anak-anak. Sebab nilai ini memiliki banyak manfaat penting yang bagus untuk tumbuh kembang serta bekal anak dalam menjalani kehidupan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan manfaat penting menanamkan nilai religi sejak dini pada sang anak.

1. Menjadi Pedoman dalam Berperilaku

Manfaat penting dari menanamkan nilai religius pada anak adalah sebagai pedoman mereka dalam berperilaku. Dalam hal ini orang tua yang mengajarkan agama pasti akan mengenalkan anak-anak pada kitab suci agama tersebut.

Di dalam kitab suci tersebut terdapat berbagai pedoman hidup termasuk pedoman berperilaku yang sesuai dengan ajaran agama. Hal ini akan membuat orang tua merasa lebih tenang karena anak-anak sudah memiliki pedoman berperilaku yang mendasar sesuai dengan ajaran agama.

2. Mengenalkan Siapa Tuhannya Kepada Anak

Menanamkan nilai religius pada buah hati secara perlahan sejak dini berarti anda sudah mulai memperkenalkan kepada Tuhannya. Dalam hal ini anda harus memberikan pengertian bahwa mereka bisa ada dunia tidak ada dengan sendirinya tetapi karena diciptakan oleh Tuhan beserta semua yang ada di alam semesta.

Dengan demikian segala perilaku mereka tidak boleh melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh Tuhan yang juga tertulis di dalam kitab suci.

3. Sebagai Sarana Penanam Akhlak

Menanamkan nilai religi akan membuat akhlak anak juga ikut terbentuk sehingga mereka bisa memiliki akhlak yang baik. Dimana akhlak baik tersebut juga sesuai dengan kitab suci agama yang dianutnya sehingga apa yang mereka kerjakan tidak melanggar norma agama.

4. Takut Ketika Berperilaku Buruk

Jika seorang anak sudah mendapatkan penanaman nilai religi di dalam dirinya maka mereka mampu membedakan mana perilaku yang baik dan buruk. Sehingga mereka akan takut jika akan berperilaku buruk yang memang tidak sesuai dengan perintah Tuhan dan akan berdosa.

5. Terhindar dari Hal-Hal Negatif

Jika anda sudah memberikan pondasi religi sejak kecil maka anak tersebut tidak akan mudah terjerumus pada hal-hal negatif yang bisa merugikan dirinya dan tidak sesuai dengan ajaran agamanya.

Pedoman agama yang kuat akan membantu anak lebih mudah memfilter perilaku yang buruk sehingga mereka akan terhindar dari perilaku buruk.

Itulah tadi penjelasan mengenai pentingnya menanamkan nilai religius pada anak sejak dini yang perlu diketahui oleh setiap orang tua. Dengan menanamkan nilai religi tersebut maka seorang anak bisa memiliki pondasi yang kuat sehingga membuat perilaku anak akan sesuai dengan ajaran agama dan terhindar dari hal-hal negatif yang merugikan.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

7 Trik Gacor inDriver

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar