sweater rajut pria terbaru

4 Resiko Mengerikan Konsumsi Alkohol Terhadap Kesehatan Otak


Indonesia bukanlah negara dengan mayoritas penduduk yang mengkonsumsi alkohol, meskipun demikian tidak sedikit gaya hidup minum alkohol yang kini banyak dijalani tidak hanya mereka yang sudah dewasa, tetapi juga yang masih berusia remaja. Kebiasaan konsumsi alkohol secara rutin ternyata bisa berdampak serius terhadap kesehatan otak. Seperti apa dampak negatif minum alkohol?

Efek Negatif Alkohol Terhadap Otak


Kebiasaan minum alkohol bahkan hingga level kecanduan bisa menyebabkan sejumlah efek negatif baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Resiko kesehatan ini akan muncul ketika konsumsi alkohol sudah berada di atas batas normal. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal eNeuro disebutkan bahwa konsumsi alkohol bisa mengurangi perkembangan otak manusia. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah efek negatif yang bisa ditimbulkan alkohol terhadap kesehatan otak.

Mempercepat Penyusutan Otak
Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa membuat volume otak menyusut. Dilansir dari sebuah penelitian pada tahun 2008 diketahui bahwa seseorang yang minum alkohol lebih dari 14 kali dalam seminggu selama 20 tahun memiliki otak 1,6 persen lebih kecil dibanding mereka yang non-peminum.

Memperburuk Kesehatan Mental
Bagi Anda yang memiliki depresi atau gangguan bipolar, mengonsumsi alkohol dapat membuat kesehatan tubuh semakin memburuk. Hal ini dikarenakan mengonsumsi alkohol bisa mempengaruhi penilaian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berujung pada perilaku gegabah seperti menyetir saat mabuk.

Menyebabkan Kehilangan Ingatan
Saat Anda mengonsumsi terlalu banyak alkohol, ada resiko besar yang menanti Anda disaat tua nanti, yakni kehilangan ingatan. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi alkohol lebih dari 2,5 gelas per hari, akan mengalami masalah kognitif pada otak enam tahun lebih awal dibanding mereka yang tidak minum alkohol.

Mempengaruhi Fungsi Otak Kecil
Cerebellum atau otak kecil adalah bagian dalam otak tempat bertemunya saraf tulang belakang. Bagian otak ini bertugas dalam pergerakan motorik sebagai respons terhadap kejadian tertentu. Jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol maka bisa memperlambat fungsi otak yang menyebabkan Anda merasa pusing, mempengaruhi pandangan dan menyebabkan berjalan dengan pelan.

4 dampak mengerikan diatas bisa menyerang otak Anda ketika terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Saran terbaiknya adalah kurangi atau tidak konsumsi alkohol sama sekali untuk mencegah berbagai efek buruk yang mungkin terjadi.
manfaat jalan pagi

Popular posts from this blog

Inilah Manfaat Luar Biasa Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Agar Lebih Percaya Diri

Cara Jitu Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas

Cara Menghilangkan Rasa Baper Menurut Islam

VIVA