Lima Kelebihan Mengukus Makanan untuk Kesehatan


Mengukus adalah salah satu metode membuat makanan disamping membakar, menggoreng atau merebus. Metode memasak ini dinilai sebagian besar masyarakat lebih sehat khususnya pada sayuran.

Metode memasak ini sekarang sedang jadi tren karena dinilai lebih sehat. Tak hanya itu, cara memasak ini pun terbilang tidak boros biaya dan ramah lingkungan.

Memasak dengan metode ini, Anda dapat memakai mesin pengukus atau memakai panci yang bisa untuk mengukus makanan. Cara ini mampu menjadikan makanan lebih sehat untuk dimakan.

Meski banyak yang menggemarinya, menggoreng makanan dapat merubah makanan menjadi berlemak. Hal ini dapat menyebabkan risiko penyakit jantung dan obesitas.

Kebiasaan memakai minyak untuk menggoreng makanan dapat memperburuk kondisi kesehatan. Oleh sebab itu, hindari minyak dalam membuat makanan dan diganti dengan mengukusnya agar risiko bisa dihilangkan.

Ada berbagai manfaat untuk kesehatan dari makanan yang diolah dengan cara dikukus. Diberitakan dari The Health Site, berikut beberapa manfaat baik dari mengukus makanan.

Tidak Memerlukan Minyak Goreng

Mengukus makanan dapat mencegah minyak masuk ke dalam makanan Anda. Tidak adanya pemakaian minyak, bahaya terkena penyakit kanker, jantung dan stroke dapat dikurangi.

Makanan Tidak Akan Gosong

Memakai alat masak misalnya steamer dapat mengurangi tenaga dan ongkos karena dapat segera mati sesudah makanan sudah masak. Hal ini pun dapat menjadikan makanan tidak gosong atau matang yang melebihi batas wajar.

Rasa Tetap Terjaga

Saat makanan diolah dengan cara dikukus, rasa tidak akan berubah sebagaimana yang terjadi saat digoreng. Malahan saat Anda mengukus sayuran yang berbeda sekaligus, rasa yang ada tetap berlainan satu dengan lainnya.

Nutrisi Makanan Tetap Terlindungi

Selama makanan dikukus, nutrisi yang terkandung dalam sayuran tidak hilang atau menguap. Nutrisi utama semisal vitamin akan tetap ada pada makanan dan dapat dirasakan sepenuhnya.

Mengurangi Bahaya Kanker

Memproses makanan dalam suhu rendah, tidak melenyapkan Glukosinolat yang ada dalam makanan. Glukosinolat adalah unsur kimia yang didapati pada sayuran misalnya brokoli, kubis dan bunga kol. Unsur ini bersifat antikanker dan dapat musnah saat sayur diolah atau dimasak dalam suhu tinggi.

Beberapa hal tersebut bisa Anda dapatkan saat Anda memasak makanan dengan metode dikukus. Gaya memasak ini dapat menjaga nutrisi makanan dan tubuh bisa terhindar dari dampak negatif.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

7 Trik Gacor inDriver

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar