Lima Manfaat Liburan untuk Kesehatanmu


Liburan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Liburan termasuk cara yang bisa dilakukan agar pikiran terhindar dari stres dan kembali segar.

Berlibur ke tempat yang diinginkan dapat membuat pikiran segar kembali. Disamping itu, Anda akan merasakan pengalaman baru yang menyenangkan dan sulit hilang dari ingatan.

Banyak sekali orang yang pergi berlibur meluangkan waktunya ke pantai dan gunung. Namun, ada pula orang yang memilih jalan-jalan keliling kota tertentu dan tempat bersejarah agar bisa mendapatkan wawasan atau kesenangan.

Tidak sedikit orang belum tahu bahwa berlibur bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari The Health Site, berikut ini ada 5 manfaat yang didapat dari liburan untuk kesehatan.

1. Meredakan Stres

Berlibur mampu membuat hati gembira, serta dapat meredakan stres dan rasa cemas. Oleh karenanya, berlibur merupakan cara ampuh hilangkan depresi. Berdasarkan fakta, riset yang diumumkan di International Journal of Environmental Research and Public Health, menyatakan bahwa sesudah menikmati liburan sekitar 3 hari, Anda akan merasakan istirahat yang cukup dan kecemasan yang berkurang.

2. Mengurangi Risiko Gangguan Otak

Berlibur dapat membuat pikiran lebih tajam karena seseorang akan lebih banyak bertemu dengan orang baru dengan latar belakang sosial dan budaya yang beraneka ragam. Sesuai Journal of Personality and Social Psychology, berlibur ada kaitannya dengan keterbukaan dan kenormalan emosi.

3. Menyehatkan Organ Jantung

Pergi berlibur menuju lokasi baru yang menantang dapat mengurangi ancaman masalah jantung. Menurut sebuah riset dari Framingham Heart, individu yang hobi liburan setiap tahun mempunyai sedikit risiko menderita penyakit jantung. Berlibur dapat mengurangi rasa cemas dan stres yang membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menambah Kebugaran

Saat melakukan liburan, seseorang pasti akan berjalan kaki dalam waktu yang cukup lama dan berjarak jauh dan itu dapat menambah kebugaran pada tubuh. Saat tiba di tempat tujuan yang baru, secara langsung Anda akan selalu lebih aktif bergerak. Pastinya hal-hal baru akan selalu ada untuk dilakukan dan menjadikan otot tubuh lebih bekerja dari biasanya.

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Menurut riset yang dilangsungkan oleh University of Nottingham, Inggris menyatakan bahwa kotoran dapat menunjang tubuh membentuk antibodi untuk membasmi infeksi dan kuman. Tentu saja, saat liburan seseorang akan selalu bersentuhan dengan hal-hal yang kotor atau terkena bakteri yang baru. Saat itulah tubuh mencoba untuk menyesuaikannya, sehingga sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat.

Itulah beberapa efek positif bagi kesehatan untuk Anda setelah berlibur. Oleh karena itu gunakan kesempatan semaksimal mungkin untuk berlibur.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor